Translate

Iklan

Iklan

Politeknik Negeri Jember Latih Alumni dan Calon Alumni Untuk Memasuki Dunia Kerja

11/14/21, 13:58 WIB Last Updated 2021-11-14T06:58:39Z

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Pada masa pandemi Covid-19 mulai masuk ke Indonesia pada bulan Maret 2020, penulis menemukan isu permasalahan yang terjadi di dunia kerja, yaitu meningkatnya angka pengangguran.


Berdasarkan data Badan Pusat Statistik pada Agustus 2020, tingkat pengangguran terbuka sebesar 7,07 persen, terjadi kenaikan 1,84 persen dibandingkan dengan bulan Agustus 2019 yang sebesar 5,23 persen. Dan data yang lebih mengagetkan adalah 29,12 juta penduduk usia kerja terdampak Covid-19 pada Agustus 2020.

Dengan kondisi seperti itu, Dosen Jurusan Produksi Pertanian Satria Indra Kusuma, S.E., M.M selaku ketua pengabdian masyarakat terpanggil ingin memberi pembekalan kepada mahasiswa agar siap berkompetisi masuk ke dunia kerja. Bentuk pembekalan mahasiswa semester akhir yaitu dengan pembuatan Daftar Riwayat Hidup, Surat Lamaran Kerja, dan kumpulan form interview.

Selain itu, juga memberi pembekalan mengenai bentuk-bentuk tes tulis serta pembekalan tentang tips dan trik proses wawancara. Kegiatan ini dilakukan secara daring menggunakan Lync Zoom pada tanggal 24 Juli 2021dan dihadiri oleh 62 peserta alumni dan calon alumni di Jurusan Produksi Pertanian Politeknik Negeri Jember.

Abdurrahman Salim, S.Si., M.Si. selaku anggota pelaksana tim pengabdian masyarakat mengungkapkan bahwa masa tunggu alumni untuk memasuki dunia kerja semakin panjang karena kondisi persaingan kerja yang semakin ketat karena pandemi Covid-19, banyak usia muda produktif terkena pengurangan jam kerja dan PHK.

“Perlu adanya kegiatan dan pelatihan untuk mengurangi masa tunggu dan meningkatkan rasa percaya diri alumni dan calon alumni Politeknik Negeri Jember untuk memasuki dunia kerja” ungkap Anni Nuraisyah, S.TP., M.Si selaku anggota pelaksana.

Salah-satu peserta pelatihan dan pembekalan memberi testimoni “Saya mengikuti pembekalan rekruitmen masuk dunia kerja bapak, dan 1 minggu kemudian saya mencoba melamar menggunakan template lamaran kerja dan CV seperti yang bapak contohkan. Dan hari ini saya sudah melakukan interview sesi pertama” ungkap, Sielvy Novia Mega Aditama Podi Budidaya Tanaman Perkebunan Angkatan 2017. (indra/eros).
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Politeknik Negeri Jember Latih Alumni dan Calon Alumni Untuk Memasuki Dunia Kerja

Terkini

Close x