Translate

Iklan

Iklan

Ribuan Rumah Warga Jember di Tiga Kecamatan Terendam Banjir

11/11/21, 17:20 WIB Last Updated 2021-11-11T12:55:41Z

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Akibat hujan deras, ribuan rumah di daerah sungai Bondoyudo di tiga kecamatan yakni di Tanggul, Semboro dan Sumberbaru, Rabu (10/11/2021) malam
, terendam banjir.

Air sungai meluap ke halaman rumah warga hingga setinggi pinggang orang dewasa, bahkan ada yang sampai ketinggian 1,3 meter, akibatnya air masuk ke dalam rumah. Seperti di rumah pak Mat, semua peralatan rumah tangganya sejak pukul 16.30 terendam air.

"Saat itu air masuk begitu cepat, sehingga saya dan keluarga tidak sempat menyelamatkan semua peralatan rumah, seperti Kulkas, Televisi dan sebagainya, masuknya sekitar pukul 17.00, cuma 5 menit," ujarnya, Kamis (11/11/2021).

Menurut  Camat Semboro Okto Haryanto, luapan air itu karena Sungai Bondoyudo tidak mampu menampung derasnya aliran dari hulu, seperti Sungai Tanggul dan Pondok dalem. "Air besar dari dua Sungai besar itu jadi satu, hingga tidak menampung dan meluap ke rumah warga," katanya.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. “Kami langsung berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember untuk mengevakuasi warga. "Belum diketahui berapa rumah yang terdampak, karena masih dalam proses pendataan dan banjir masih berlangsung," jelasnya.

Update data Pusdalops BPBD Jember Kamis pukul 11.22 wib, wilayah banjir 30 - 70 cm dan longsor mengakibatkan 1.294 di 3 lokasi Kecamatan, tujuh Desa terendampak, dua rumah rusak, dan 6 fasilitas umum mengalami kerusakan.

Masing-masing yaitu di desa Manggisan, desa Darungan dan desa Patemon, kecamatan Tanggul. Kemudian di Desa Pondokjoyo, Desa Podokdalem dan Desa Sidomulyo, kecamatan Semboro serta Desa Gelang dan Sumberagung kecamatan Suberbaru.

Lokasi 1, Banjir di kecamatan Tanggul, Desa Manggisan, RA - SMP 1, ketinggian 40 cm. Lokasi 2, Tanah Longsor di Desa Darungan, sekitar 75 rumah terendam air (hanya 5 menit), dan lokasi 3;  longsor di dusun krajan, desa Patemon, satu rumah mengalami rusak ringan atas nama Siti Amna.

Di Semboro. Banjir 1; di Dusun Songgon, Pondok Rampal dan Pondok Dalem, desa Pondok Joyo, 544 rumah dan satu Musholla, sekitar 84 mengungsi di Pondokjoyo. Banjir 2; dusun / desa Pondok dalem 12 rumah dan desa Sidomulyo 200 rumah. Sebanyak 177 orang mengungsi di MI, SD, TK dan Masjid.

Sedang di kecamatan Sumberbaru, yaitu, Lokasi 1; Longsor di Gambir, Desa Gelang, Akses Jalan tujuan wisata Gambir tertutup material tanah,  Lokasi 2; Banjir, di dusun Banjarejo Timhur, Desa Sumberagung, 355 dan SDN 3 terendam banjir. (yond/eros).
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Ribuan Rumah Warga Jember di Tiga Kecamatan Terendam Banjir

Terkini

Close x