Translate

Iklan

Iklan

PMR MTs Yasinat Melakukan Wisata Edukasi ke UDD PMI Jember

12/10/21, 22:40 WIB Last Updated 2021-12-10T15:40:28Z

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Palang Merah Remaja (PMR) Madya MTs Nadhatul Tholabah Yasinat Jumat (10/12/2021) melaksanakan Wisata Edukasi ke UDD PMI Jember.

 Sejumlah anggota PMR melihat langsung proses donor darah sampai pengolahan di UDD PMI Kabupaten Jember. Anggota PMR  MTs Nadhatul Tholabah Yasinat Desa Kesilir Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember itu antusias saat di UDD PMI.

Rombongan PMR, sepuluh anak dipimpin ketuanya Nalal Huda Maulana didampingi tiga gurunya. Mereka langsung diterima oleh UDD PMI Kabupaten Jember. Sebelum melihat langsung donor dan pengolahan darah mereka mendapatkan pemaparan dulu dari UDD PMI Kabupaten Jember.

Para anggota PMI diberi penjelasan detail tentang proses kegiatan donor darah dan pengolahan darah. Termasuk tentang proses donor plasma konvalesen yang khusus hanya ambil plasmanya yang beberapa waktu lalu aktif untuk membantu pasien COVID-19. 

Diharapkan anggota PMR bisa menjadi PMR Wira agar tetap jadi bagian dari relawan kemanusiaan PMI. “Kami harapkan anggota PMR Madya dari MTs Nadhatul Tholabah Yasinat menjadi penerus relawan pendonor PMI,” kata Akmal Fauzan dari UDD PMI Jember.

Gurita Dwi Kuning A.S, Koordinator P2D2S UDD PMI Jember menjelaskan,  jadi pendonor aktif banyak manfaatnya bagi kesehatan. “Setiap akan donor akan dicek tensi, HB-nya. Kalau tidak lolos akan dapat masukan agar tetap sehat, minimal tensi dan HB darahnya normal,” terangnya.

Pendonor yang lolos, darahnya akan disharing mengandung penyakit atau tidak. “Minimal dites mengandung virus HIV, Hepatitis, Sipilis atau tidak. Kalau ditemukan ada kandungan virus tersebut maka darah akan dimusnahkan tidak ditransfusikan ke pasien di rumah sakit,”terangnya.

Pendamping PMR Madya MTs M. Nasrullah S, mengucapkan banyak terima kasih atas pengetahuan yang diperoleh anak asuhnya yang wisata edukasi ke UDD PMI Jember. “Terima kasih kepada UDD PMI yang menerima PMR Madya dari MTs Nadhatul Tholabah Yasinat,” katanya.

Ketua PMI Jember H EA Zaenal Marzuki SH MH mengapresiasi PMR Madya  MTs Nadhatul Tholabah Yasinat yang ingin belajar tentang donor darah dan pengolahannya ke UDD PMI. Pasalnya, masih banyak masyarakat yang belum mengetahui tentang donor darah dan pengolahannya

Menurutnya bahwa  PMI milik masyarakat. “Kami sangat terbuka kepada masyarakat, tidak hanya PMR, KSR atau relawan PMI lain, masyarakat umum boleh datang ke UDD untuk tanya soal donor darah dan lainnya,” katanya (*)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • PMR MTs Yasinat Melakukan Wisata Edukasi ke UDD PMI Jember

Terkini

Close x