Translate

Iklan

Iklan

Bersih-bersih Untuk Berikan Layanan Optimal, BRI Jember Laporkan Oknum Penipuan Kredit Fiktif

10/18/23, 16:51 WIB Last Updated 2023-10-18T09:54:51Z


Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Bersih-bersih
untuk berikan Layanan Optimal, BRI Jember, Jatim melaporkan oknum penipuan kredit fiktif tahun 2011 kepada aparat penegak hukum.

Kasus di rentang 2011-2013 itu merupakan pengungkapan yang dinisiasi oleh pengawasan internal BRI melalui BRI Kantor Cabang Jember. Kemudian pada tahun 2016,  BRI melaporkan kepada pihak berwajib sebagai bentuk komitmen BRI dalam menerapkan praktik bisnis yang bersih sesuai GCG.

BRI mengapresiasi keberlanjutan penanganan kasus ini, dimana Penyidik telah mengumpulkan barang bukti dan menyerahkan berkas kepada kejaksaan untuk proses hukum lebih lanjut”, kata Pimpinan Cabang BRI Jember Mohamad Sukari didampingi Kabid Kredit bermasalah Hadi kepada sejumlah awak Media Rabu (18/10/2023).

Dari penanganan kasus tersebut, lanjutnya, satu pihak eksternal yang menjadi otak kejahatan telah diamankan. Sedangkan dua  oknum pekerja yang terlibat telah dikenakan sanksi terberat berupa Pemutusan Hubungan Pekerjaan (PHK) pada tahun 2014 dan ancaman pidana melalui jalur hukum.

Sementara sejumlah barang bukti berupa sertifikat milik kurban yang terkait dengan kasus tersebut, saat ini masih dalam kewenangan penyidik dan dititipkan di kantor BRI setempat. Sedangkan umntuk kerugian dari peristiwa tersebut diperkirakan mencapai 10 milyar rupiah. “BRI menghormati proses hukum yang tengah berlangsung serta mengapresiasi pihak berwajib yang telah menindaklanjuti laporan BRI sejak kejadian tersebut terungkap. lanjutnya.

Saat ditanya soal korban yang sertifikatnya dijadikan jaminan, apakah masih berkewajiban membayar hutang?.  “Jadi BRI sebagai lembaga perbankan, yang jadi nasabah adalah yang tercatat, sepanjang itu belum lunas, jadi masih sebagai nasabah yang punya kewajiban membayar”, Jelasnya.

Diakhir wawancara Sukari menegaskan bahwa BRI akan senantiasa pro-aktif dalam pengungkapan kasus-kasus fraud dan menerapkan zero tolerance terhadap setiap tindakan fraud serta menjunjung tinggi nilai-nilai Good Corporate Governance (GCG) dalam setiap operasional bisnisnya.. (eros).
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Bersih-bersih Untuk Berikan Layanan Optimal, BRI Jember Laporkan Oknum Penipuan Kredit Fiktif

Terkini

Close x