"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Monday, November 9, 2015

Jember Canangkan Desa Online, Kades Ditantang Transparan

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Program Desa Online yang digagas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember pada tahun ini akan tuntas. Para Kepala desa pun ditantang untuk melakukan transparansi anggaran.

Kalau sudah transparan, kepala desa tidak perlu takut. “Kalau sudah transparan tidak perlu takut. Anggaran yang dikelola sekian, kinerja anggaran sekian, dan ada kelebihan sekian,” tutur Kepala Bagian Pemerintahan Desa Pemkab Jember, M. Winardi, Senin (9/11).

Program ini dilaksanakan sejak tahun 2008. Setiap tahun dilaksanakan kepada 56 desa dari 226 desa yang ada di Kabupaten Jember. Saat ini, jelas Winardi, desa online terbatas pada informasi sumber daya yang dimiliki desa. Namun, kedepan diharapkan meningkat dalam pengelolaan administrasi keuangan, semisal pembuatan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APB Des).

Terkait evaluasi penyelenggaraan program ini, Winardi menjelaskan bahwa jaringan menjadi kendala utama. “Ada juga jaringan yang dipasang di rumah kades. Ini yang tidak benar,” ungkapnya. Selain itu banyak kades yang belum menganggarkan biaya sambungan internet untuk tiap bulannya.

Karena perlu update tiap hari, operotor harus dipikirkan, “Lalu, operator harus dipikirkan, karena bekerja tiap hari update data,” jelasnya. Ia berharap, tidak hanya satu operator. Semua pegawai yang bertanggung jawab atas pengelolaan administrasi sudah bisa mengoperasikan. (aif/eros)

Berita Terkait Politik dan Hukum

No comments: