"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Saturday, December 19, 2015

Lestarikan Tradisi, Desa Jelbuk Gelar Bersih Desa

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com.  Resik desa atau bersih desa merupakan ungkapan rasa syukur masyarakat desa atas karunia-NYA. dilakukan berbagai cara, salah satunya menggelar kesenian tradisional.

Sekaligus untuk melestarikan Tradisi sekaligus memberikan hiburan kesenian tradisional sebagai edukasi kepada masyarakat agar mengenal salah satu kesenian tradisional di Nusantara ini. “Mudah-mudahan kedepan masyarakat semakin aman, sejahtera dan bahagia.” Demikian Tutur Badi’ah, Kepala Desa Jelbuk Sabtu, (19/12)

Badi’ah mengatakan, pihaknya sengaja mendatangkan kesenian Reog yang oleh masyarakat luas dikenal berasal dari Kabupaten Ponorogo. Ini merupakan sebuah edukasi bagi masyarakat desa bahwa sebenarnya kesenian di Nusantara ini beraneka ragam, salah satunya kesenian Reog ini. Ungkapnya.

Acara yang digelar dihalaman rumah kepala desa berlangsung semarak. selain kesenian reog, juga dihibur musik drum band, antraksi ondel-ondel, karnaval, dan antraksi can-macanan kadduk, rencananya malam harinya akan digelar kesenian Ludruk Surya Utama yang bermarkas di Desa Panduman Kecamatan Jelbuk.

Asnima (53 tahun) salah satu warga Jelbuk mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan kepala Desa Jelbuk ini, Ia merasa senang, seraya berharap agar, acara yang berasal dari usulan warga yang direspon oleh kepala desa ini tahun depan dapat seluruh kesenian tradisional daerah, agar semakin semarak. Harapnya. (eros/suli)

Berita Terkait Sosial Budaya

No comments: