"Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72.", "Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72.","Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72."
Custom Search

Jumat, 12 Mei 2017

Tangis Haru Warnai Itsbat Nikah Massal Di Situbondo

Situbondo, MAJALAH-GEMPUR.Com. Posesi Itsbat Nikah Massal yang oleh Majelis Hakim Pengadilan Agama Situbondo yang diprakasai LSM Merak di zona III Jum’at (12/5) diwarnai isak tangis haru.

Sejumlah pasangan yang mengikuti Itsbat Nikah ini berasal dari Kecamatan Kendit, Panarukan, Situbondo, Panji, Mangaran dan Kapongan. Diselah-selah, tangisan haru sedang berlangsung, majelis hakim Pengadilan Agama Situbondo mengajukan pertanyaan yang membuat peserta itsbat tertawa.

Mereka menangis lantaran puluhan tahun kawin, baru kali ini memiliki akta nikah. Hal ini diungkapkan pasangan Sudin (79) dan Suwami (72) warga Desa Klampokan, Panji. “Terima kasih LPM Merak yang telah mendaftarkan saya dan istri mengikuti Itsbat Masal ini.,” ujarnya dengan mata yang masih berkaca-kaca.

Kegiatan yang diprakarsai Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LSM) Merangkul Rakyat Kecil (Merak) dipusatkan di aula Balai Latihan Kerja (BLK) Situbondo, diikuti 51 pasangan dari 6 kecamatan di wilayah di Situbondo. Sidang isbat massal ini, rata-rata diikuti berasal dari keluarga tidak mampu.

“Masih ada ribuan pasangan nikah yang belum tercatat di KUA. "Pembiayaan Itsbat massal ini, murni hasil swadaya pengurus, makanya, kita batasi, semoga tahun berikutnya jumlah peserta bisa meningkat," Jelas Wakil Ketua LPM Merak, H Encik Abdul Hamid.

Sementara itu, salah seorang majelis hakim Pengadilan Agama Situbondo menerangkan bahwa, permintaan sidang Itsbat di Situbondo ini akan dipermudah dengan catatan para peserta sudah melengkapi surat-surat yang disyarakat dalam sidang itsbat. (ef)

Berita Terkait Sosial Budaya

Tidak ada komentar: