Translate

Iklan

Iklan

Kadispendik Jember Pantau UNBK SMP dan USBN SD

4/22/19, 18:16 WIB Last Updated 2019-04-29T11:25:05Z
Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Kepala Dinas Pendidikan (Kadispendik) Jember, Senin (22/4/2019) pantau Ujian Sekolah Berbasis Komputer (UNBK) SMP dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) untuk SD.

Diantaranya di SMPN 2 Jember, SDN Jember Lor 3, SDN Slawu 3, dan SMPN 7 Jember. “Hari ini Jember siap melaksanakan UNBK ntuk tingkat SLTP dan USBN untuk tingkat SD baik Negeri maupun Swasta,” terang Kepala Dinas Pendidikan (Kadispendik) Jember Dr H Edy Budi Susilo Msi.
.
UNBK untuk SMP akan berlangsung tanggal 22-25 April 2019 dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan IPA. Sedangkan untuk USBN tingkat SD berlangsung pada tanggal 22-24 April 2019 dengan mata pelajaran, Bahasa Indonesia, Matematika, dan IPA.

Menurutnya untuk persiapan telah dilakukan, SOP juga telah dijalankan. “Sehingga siapa berbuat apa, tahapannya bagaimana, sudah dijalankan seperti di SMPN 2 hingga SMPN 7, tim kita bergerak memonitoring, seluruh pejabat struktural untuk menemukan hal-hal yang tidak sesuai dengan SOP,” imbuh Edy.

Pelaksanaan ini juga menggandeng PLN dan Telkom. “Kalau toh misal ada pemadaman, kita sudah antisipasi. Misal hari ini di SMP 7 disiapkan genset dengan kapasitas 50.000 watt, jika terjadi pemadaman dalam 2 menit langsung bisa dihidupkan, berkoordinasi dengan telkom supaya tidak terputus jaringannya,” jelasnya.

Untuk SD yang masih berbasis kertas, naskah ujian sudah didistribusikan mulai hari Jumat ke Polsek setempat di 31 Polsek se Kabupaten Jember. Pagi ini sudah diditribusi ke sekolah sesuai gugus tugas yang dibagikan dalam keadaan masih tersegel.

Lembaga sekolah yang menyelenggarakan UNBK sebanyak 560 SMP, terdiri dari 335 SMP negeri dan MTS negeri / swasta sebanyak 225. Jumlah siswa yang menjadi peserta sebanyak 35.154 siswa. Untuk sekolah dasar, baik negeri maupun swasta, sebanyak  1.429 lembaga, dengan jumlah peserta 38.677 siswa.

“Mengenai UNBK, sesuai dengan komitmen Pemerintah Daerah, tahun ini kita siap melaksanakan UNBK 100 persen di Kabupaten Jember. Dari total 560 Lembaga semuanya sudah siap untuk menyelenggarakan itu,” tegas pria yang murah senyum ini.

Untuk menyelenggarakan 100 persen, diakui Edy, masih belum semua lengkap. Terdapat tiga kategori, yaitu 52 sekolah mandiri, dengan peralatan lengkap. “Sedangkan yang tidak lengkap, kategori menggabung atau gabung yaitu 20 siswa SMPN 15 dan 29 siswa SMPN 4 Sumberjambe gabung di SMP 7,” jelasnya.

Bagi mereka yang menggabung dibagi tiga sesi. Untuk kategori menumpang, jelas Edy, SMP  meminjam sarana ke SMA yang memiliki sarana.  “Nanti harapannya, ketika mereka lulus, mereka sudah familiar, maka mereka juga bisa menjadi siswa di SMA itu. Jadi, pola sinerginya seperti itu,” ungkapnya.

Rincian lembaga yang menyelenggarakan UNBK yakni 180 SMP N/S mandiri, 95 menggabung, dan 60 menumpang. Sedang MTs N/S, terdapat 200 mandiri, 21 menggabung, dan 4 menumpang. Bagi peserta yang berhalangan dengan alasan yang bisa ditolerir dapat mengikuti ujian 28-29 April 2019. (eros).
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kadispendik Jember Pantau UNBK SMP dan USBN SD

Terkini

Close x