Translate

Iklan

Iklan

Datangkan Pelatih Utama, Atlet Tarung Derajat Jember Genjot Latihan Saat Puasa

4/16/22, 23:59 WIB Last Updated 2022-04-16T16:59:55Z

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Target atlet Tarung Derajat Jember agar meraih juara dalam Pekan Olahraga Jawa Timur (Porprov) Ke-VII terus dilakukan dengan latihan terprogram.

Salah satunya, mendatangkan Pelatih Utama Tarung Derajat Deni Buldani (Jawa Barat) untuk  memantau latihan atlet Kodrat Jember pada Jumat (15/04/2022) lalu. Meski menjalani puasa, puluhan atlet tetap bersemangat berlatih di markas Kodrat Jember  Perum Surya Millenia Kaliwates Jember.  Penguatan latihan ini ditempuh agar kesiapan meraih  3 emas di Porprov 2022 dapata terwujud.

Ketua Umum Kodrat Jember Haryu Islamudin mengatakan, kedatangan pelatih utama Kang Denbul—sapaan akrabnya---merupakan kehormatan bagi atlet Jember untuk mendapatkan pelatihan langsung dari petarung yang pernah menjadi pelatih Tarung Derajat PON Jatim itu. 

“Berbagai pelatihan terencana terus kami maksimalkan dapat dilaksanakan dengan baik, meski bulan Puasa Ramadan 1443 H ini. Maka, latihan didesain sore hari dan dilanjutkan dengan buka puasa bersama,” kata  Haryu.

Menurut Haryu, latihan lanjutan selama Ramadan 2022 ini sebagai tindak lanjut berbagai pelatihan sebelumnya, diantaranya pemusatan latihan atlet tarung derajat di United Futsal Kaliwates dan Mauren Sport Rambipuji. “Kehadiran pelatih utama Kang Denbul sangat penting bagi kesiapan atlet Jember dalam meraih prestasi terbaiknya di POrprov Juni-Juli mendatang,” tegas pria yang juga Dosen Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember (UIN KHAS Jember) ini.

Berdasarkan pantauan di pusat latihan Perum Surya Millenia Jember, Jumat(15/04/22), ada sekitar 20 atlet tarung derajat yang sebelumnya telah  lolos seleksi dalam berbagai tahap untuk memperkuat atlet Porprov Jember.

Diperkirakan, keduapuluh atlet ini akan mengikuti seluruh nomer cabor tarung derajat yang dipertandingkan, diantaranya 45-49 kg putra; 49,1-52 kg putra; 52,1-55 kg putra; 55,1-58 kg putra; 58,1-61 kg putra; 61,1-65 kg putra; 65,1-69 Kg putra; 40-45 kg / putri; dan 45,1-50 kg / putri.

Tak hanya kelas utama yang akan dipertandingkan, atlet Kodrat Jember  juga akan terjun di nomer Seni Gerak Gharang Putra, Seni Gerak Ranger Putra, Seni Gerak Ranger Putri, dan Seni Gerak Getar Campuran. “InsyaAlah, meski puasa, atlet Kodrat Jember terus berlatih untuk memperkuat performa pertarungannya,” ujar Andi Amin, pelatih senior atlet Tarung Deajat Jember.

Menurut Andi Amin, selama melakukan pemusatan latihan sebelumnya, para atlet berlatih secara ketat, mulai dari pemanasan, penguatan skil bertarung, hingga latihan tanding dengan sesama atlet sesuai dengan nomer yang dipertandingkan. Pemusatan latihan ini untuk mendisiplinkan atlet dalam meningkatkan performa skill, seperti tendangan agar mampu mengalahkan lawan tandingnya.

“Penting dicatat dalam latihan selama Ramadan ini, para atlet tidak hanya difokuskan pada kekuatan fisik, tetapi kemampuan skill atau ketrampilan dalam bertanding jauh lebih penting, yakni teknik mendapatkan poin terbaik saat bertanding melawan atlet dari kabupaten lain se-Jawa Timur,” katanya.

Sementara itu, Pelatih Utama Deni Buldani menyambut baik kekompakan tim atlet Kodrat Jember dalam melakukan latihan. Hanya dengan latihan, para atlet dapat meningkatkan kemampuannya dalam bertanding. Pihaknya yakin, dengan latihan yang serius, target terbaik dalam Porprov.  “Dengan disiplin dalam latihan, hasil akan lebih maksimal,” tegasnya (*)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Datangkan Pelatih Utama, Atlet Tarung Derajat Jember Genjot Latihan Saat Puasa

Terkini

Close x