Translate

Iklan

Iklan

Warga Jember Bentuk Kampung Tangguh Hadapi Pandemi Covid-19

5/27/20, 23:48 WIB Last Updated 2020-06-02T07:53:18Z
Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Gotong royong kata kunci sukses menghadapi pandemi Covid-19. Melalui Gotong-royong warga Jember berhasil mewujudkan Kampung Tangguh Covid-19.

Kampung itu masing-masing berada di RW 10 Kelurahan Jember Lor, Kecamatan Patrang, dan di RW 15 Kelurahan Mangli, Kecamatan Kaliwates. Bahkan kampung tersebut menjadi contoh bagi kampung lain dalam menghadapi persoalan bersama.

 “Atas dasar semangat dan kesadaran warga serta leadership yang baik dari para Ketua RT, RW dan Dasawisma, terciptalah kampung tangguh,” kata Bupati Jember, dr. Faida, MMR., saat meninjau kampung tangguh di RW 10 Kelurahan Jember Lor, Selasa, 26 Mei 2020.

Disamping dibuat portal pemeriksaan warga yang masuk, juga tersedia lumbung pangan yang cukup bagi warga yang memerlukan isolasi mandiri.  Mereka juga mengatur pedagang kebutuhan pokok keliling (mlijo) . Ada tiga mlijo yang bertugas melayani kebutuhan rumah tangga warga.

“Dengan demikian warga masyarakat di desa Itu, kini tidak perlu pergi berbelanja sendiri ke pasar untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,” jelas Bupati Faida didampingi Dandim 0824, Letkol Inf. La Ode M Nurdin, dan Kapolres Jember AKBP Aris Supriyono.

Bahkan di RW 10 Kelurahan Jember Lor, Kecamatan Patrang, kampung tangguh itu membuat aplikasi yang menjadi sarana komunikasi sampai 500 orang.  “Kalau jaman dulu pakai kentongan, sekarang pakai aplikasi. Sudah namanya RW jaman now,” tutur bupati.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember mengapresiasi ide dibentuknya kampung tangguh tersebut, dan berharap bisa menjadi contoh bagi kampung-kampung lainnya. “Gotong royong adalah kunci sukses bangsa Indonesia,” pungkas bupati. (eros).
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Warga Jember Bentuk Kampung Tangguh Hadapi Pandemi Covid-19

Terkini

Close x