Translate

Iklan

Iklan

Bupati Jember Dukung Pilkada Serentak Terapkan Protokol Kesehatan

6/16/20, 21:19 WIB Last Updated 2020-06-18T14:21:02Z
Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Kepala Daerah bertanggungjawab atas suksesnya pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang akan berlangsung pada 9 Desember 2020.

Diantaranya dukungan mengenai pembiayaan pelaksanaan pesta rakyat ini harus dianggarkan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) di masing-masing Daerah. Anggaran itu juga perlu disiapkan untuk menghadapi situasi mewabahnya Covid-19.

“Mekanisme hibah daerah. KPU dan Bawaslu Jember telah mendapatkan dana hibah itu”,  Demikian ditegaskan Bupati Jember, dr Faida, MMR saat menjadi narasumber seminar virtual yang diselenggarakan Kemeterian Dalam Negeri, Selasa, (16/6/2020).

Dalam Webinar bertema “Dukungan Pendanaan Pilkada tahun 2020” tersebut diikuti oleh para kepala daerah dan pimpinan lembaga negara lainnya di Indonesia itu  Faida mengajak, seiring terjadinya wabah virus korona, dua lembaga itu agar melakukan rasionalisasi anggaran.

Rasionalisasi itu dilakukan pada pertemuan di luar kota, yang memang tidak mungkin dilakukan saat situasi Covid-19. Upaya ini membuat penghematan hingga mencapai Rp. 3 miliar. Namun, situasi ini juga mengharuskan ada tambahan anggaran untuk jumlah tempat pemungutan suara (TPS).

Ada penambahan 362 TPS, honor petugas dan TPS tambahan.  Namun penghematan masih tetap terjadi. “Ada sisa 330 juta rupiah, anggaran itu ditetapkan sebagai anggaran cadangan, karena itu, Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) di Jember tidak perlu dirubah,” jelasnya.

Terkait protokol kesehatan, seperti alat pelindung diri, rapid test, masker, cairan pencuci tangan, dan alat pemeriksa suhu dipenuhi melalui anggaran belanja tidak terduga (BTT).  “Mudah-mudahan ini berguna buat pejabat yang mengelola keuangan daerah,” tutupnya. (eros).
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Bupati Jember Dukung Pilkada Serentak Terapkan Protokol Kesehatan

Terkini

Close x